Kegiatan CSR perusahaan Media Advertising terbesar di Indonesia

Salah satu sekolah yang terdampak bencana tsunami Banten

Sahabat Muda News – Banten. CSR menurut wikipedia adalah Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya), perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan”, yakni suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya.

Menurut Kotler dan Lee, terdapat enam model CSR yang dapat diterapkan di perusahaan, yaitu: Cause Promotion, Cause Related Marketing, Coporate Societal Marketing, Corporate Philanthropy, Community Volunteering, dan Socially Responsible Business Practice.

Kali ini redaksi menerima kabar dari panitia Power Of One 2019 GroupM Indonesia, bahwasannya perusahaan media advertising terbesar di Indonesia ini akan mengadakan kegiatan CSR. Kegiatan CSR terserbut akan diadakan di lokasi yang terdampak bencana tsunami di daerah Pandeglang – Banten. Banyak yang akan dilakukan disana diantaranya memberikan donasi berupa pembangunan dan renovasi salah satu sekolah yang terdampak bencana tsunami, menurut mas Awan Wibiksana – koordinator kegiatan CSR GroupM Indonesia (Power of One 2019).

Berbagai kegiatan CSR (atau biasa mereka menyebutnya Power Of One) sebelumnya diantaranya membangun kelas kontanier untuk Sekolah Master – Depok, membantu merenovasi perpustakaan di 10 sekolah di Jakarta, membantu korban Banjir di Jakarta, mengajak anak anak Yatim berceria bersama di Dufan dan lain sebagainya. Menurut bu Dede sebagai HR Director GroupM Indonesia, program ini adalah program tahunan yang kerap dilakukan oleh GroupM Indonesia setiap akhir bulan Februari dan Program Power Of One ini melibatkan semua komponen karyawan yang ada di GroupM Indonesia.

GroupM Indonesia percaya apa yang mereka lakukan berdampak baik untuk masyarakat, sehingga harapannya akan berdampak baik pula bagi kepentingan perusahaan. (AM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *